TIPS OPTIMALKAN KINERJA KOMPUTER

03.19
Add caption
halo sobat penggila IT di indonesia. perkenalkan nama saya abdul ghofar dari Banyuwangi. ngomong-ngomong sobat pernah ngalami ndak pas nyala'in laptop atau PC terasa lelet banget ngebukanya. pastinya pernah donk, sobat kan penggila IT. ya..kalau ndak ngapain ngunjungin blog tentang IT kayak gini..haha. sory sob becanda dikit. ok, langsung saja saya mau ngasih tips ni buat yang kebiasaan di buat kesel komputer yang lelet haha. saya juga pernah sob makanya sebagai sesama korban komputer lelet, saya mau bagi ilmu Tips Optimalalkan Kinerja Komputer.

eh..sory sob. sebelumnya saya mau ngasih tau dulu apa penyebab komputer bisa lelet. ya...kan sebelum menyelesaikan masalah harus tau dulu apa sebabnya. capek kan kalau terus-terusan terkena imbas dari sebab? makanya saya kasih tau sob. biar bisa meminimalisir ke-leletan laptopnya.hehe... langsung saja sob.

Kenapa Laptop atau PC Gampang Lelet?
  1. System Registri Menumpuk : yap.. banyak dari kita penggila IT suka sofware unik dan terbaru. sehingga tidak menutup kemungkinan meng-instal-nya di komputer kita tanpa mempedulikan efek sampingnya. dengan terlalu banyaknya software-software yang ter-instal di komputer maka semakin banyak system registri tersimpan dan bekerja. software ccleaner akan membantu sobat membereskan tahap ini dan baca artikel cara menggunakan ccleaner untuk cara penggunaannya.
  2. Data Kocar-kacir : data yang tersimpan pada hardisk otomatis menambah waktu bagi sistem untuk mencari. apalagi kalau letaknya tidak aturan makanya sobat harus rajin-rajin melakukan defrag.
  3. Rang Huardisk : usahakan tidak menyimpan data sampai ambang penuh. karena menambah waktu system untuk beroperasi
  4. Anti Virus : sering di klaim bahwa anti virus sangat membantu komputer menghalang virus. akan tetapi efeknya juga berat untuk komputer. maka dari itu harus di sesuaikan dengan spesifikasi komputer terutama processor dan ram. saya sarankan pakai anti virus Microsoft Security Essential ( MSE ) bawaan microsoft.
  5. Spyware : waspadai spyware karena virus ini berjalan tanpa anda sadari. bisa menghipnotis mungkin sob.haha..sory. solusinya cuma satu sob, hapus dengan software anti spyware ter-update. saya sarankan pakai Microsoft Security Essential ( MSE dan Eset Smart Security
nah..sudah tau kan sob kenapa komputer sering lelet? mantap !!!. sekarang kalau terlanjur lelet gimana sob? jawabannya "GAMPANG". hehe. jangan khawatir, saya bagi ilmunya. simak dengan seksama sob sambil ngopi.

Trik Me-roket-kan Kinerja Komputer :
  1. Spesifikasi : semakin tinggi spesifikasi komputer maka semakin cepat kinerja komputer. carilah spesifikasi komputer yang sesuai dengan kebutuhan sobat. tentunya berbeda kebutuhan untuk game, desaign dll. 
  2. System Security : anti virus sangat membantu jika komputer anda memadai, tapi pada intinya sangat memberatkan. tapi jika spesifikasi komputer anda memadai tidak masalah memasang anti virus.
    Microsoft Security Essential ( MSE ) bawaan microsoft.
  3. Software Tak penting : unistall semua software yang sekiranya tidak di butuhkan, karena membebani system registry. sering instal dan unistall akan mempengaruhi kinerja komputer.
  4. Start-up Software : banyak software yang otomatis berjalan saat komputer booting. jadi matikan saja auto-start-up nya. supaya tidak terlalu lama loadingnya.
  5. Defrag : defragmen adalah kegiatan menata kembali file-file yang acak-acakan. jadi file akan tertata dengan rami yang nantinya loading komputer tidak terlalu lama. gunakan software bawaan windows atau software lain.
  6. Registri CCleaner : software satu ini bisa meng-optimalkan,membersihkan dan mempercepat kinerja komputer. untuk cara kerjanya bisa baca di artikel cara menggunakan ccleaner.
  7. windows service : benar sob windows services adalah aplikasi yang berjalan dibelakang layar namun tetap memakan daya seperti ram,processor bahkan data di internet. untuk caranya bisa dibaca artikel cara menon-aktifkan windows services
tapi ada yang perlu di garis bawahi sob..saya rekomendasikan RAM 1 gb untuk windows xp dan windows 7-8 2 gb. processor liat kebutuhan anda. setidaknya multi processor ( dual core tau lebih) 

Artikel Terkait

First