Instalasi Win8 Yang Format Total (TRIK)

02.27
Add caption
halo sob..! jumpa lagi dengan saya Kang gofojoy yang selalu gila IT..haha. gimana kabarnya ? masih gila ?, haha. gila IT maksudnya sob. 

ada cerita pengalaman sedikit ni sob sebelum saya mulai bagi-bagi artikel. ane pernah instal ulang windows 8 ni,nah ketika sampai sesi pembagian partisi ternyata harus format total sob. bingung dah ane, berulang kali instal ulang windows 8 sering sekali nemuin yang kayak gitu.

kayak gini sob contohnya. " windows can't be installed on this drive ".


sobat pernah nemuin yang kayak gitu ? hehe. jangan khawatir sob, ane sudah tahu caranya sekarang. tapi baru ane praktek-kan di laptop asus dan toshiba. mungkin tidak salahnya kalau sobat mau coba di laptop lain. 

ngomong-ngomong pengen tahu caranya apa tidak ni, tapi harus ada bayarannya sob haha...! becanda-becanda. ok, langsung aja ane bagi-kan caranya. jangan lupa sob, cara ini instalnya pakai flasdisk dan terserah sobat mau pakai flashdisk merk apa. tapi saya belum pernah pakai flashdisk yang lain sob,hehe. tapi kayaknya ndak masalah.ok, langsung simak dengan seksama sob !

  1. sobat masuk dulu ke BIOS dan pilih Boot.
    1.2
  2. lalu pada " boot option #1 {UEFI: KingstoneDataTraveler..}, sobat enter. 
  3. maka akan muncul menu seperti di gambar 1.3 dan pilih nama  kingstonDataTraveler 2.0PMAP ( Kebetulan ane pakai flasdisk KINGSTON ), langsung ENTER.
    1.3
  4. dan " boot option #1 " menjadi {kingstonDataTraveler..} hasilnya seperti gambar 1.4 di bawah ini.
    1.4
  5. kemudian " Hard Drive BBS Priorities" sobat enter.
    1.5
  6. nah, muncul seperti gambar 1.6, kemudian pada " boot option #1 " yang mulanya { PO: WDC WD5000LPVX-80V0TT0} ganti dengan nama flashdisk-nya. dan kebetulan sudah ane ganti sob..hehe
    1.6
  7. caranya dengan sobat enter maka akan muncul gambar 1.7 seperti dibawah ini.
    1.7
  8. dan setelah selesai semua tahap diatas, keluar dan simpan dengan cara tekan F10 dan yes,ENTER..!
  9. setelah itu singkat cerita sudah sampai pada pembagian paritisi dan peringatan " windows can't be installed on this drive "  sudah hilang dan hasilnya seperti gambar 1.8 dibawah ini.
    1.8
oo iya sob, perlu diingat 1. jika instalan sebelumnya pakai (UEFI) maka " Boot option #1"-nya pilih {UEFI:kingstondatatreveler} 2.jika instalan sebelumnya pakai (Legacy), maka "boot option #1"-nya pilih {kingstondatatreveler}.

dan semua ini ane alami di windows 8 sob, tapi mungkin bisa dicoba pada windows yang lain dan mungkin ada cara lain yang tidak sama dengan artikel ane ini.. karena ini menurut pengalaman saya saja sob.
ok sob,semoga bermanfaat untuk sobat semua dan jangan lupa koment-nya..hehe.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »